Berdaya Bersama IHRI

Tak terasa semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 telah berakhir. Selama satu semester ini, di samping menyelenggarakan kegiatan akademik rutin di #KelasYPAB, YPAB yang didukung oleh Inclusive Human Resource Indonesia (IHRI), juga menghadirkan Kelas Inspirasi untuk pengembangan diri dan karir para peserta didik. Kelas Inspirasi yang diselenggarakan YPAB secara umum bertujuan untuk membuka cakrawala berpikir peserta didik dan memampukan mereka dalam memahami pentingnya peran pengembangan diri dan perilaku dalam mewujudkan impian.

Total sebanyak 17 pertemuan Kelas Inspirasi IHRI telah dilaksanakan sepanjang semester ini. Penyelenggaraan Kelas Inspirasi IHRI dibagi menjadi dua sesi sesuai tingkat pendidikan, Paket B (8 pertemuan) dan Paket C (9 pertemuan) dengan topik yang beragam mulai dari semangat belajar, kemampuan berkomunikasi, manajemen waktu, berpikir kreatif, hingga kesehatan mental, yang disampaikan oleh beberapa pemateri.

  1. Communication & Interpersonal Skill oleh Kak Ruly 

Materi komunikasi dan kemampuan interpersonal disampaikan pada pertemuan pertama Kelas Inspirasi oleh Kak Ruly. Kemampuan ini merupakan faktor penting dalam menjalin hubungan yang kuat dengan pihak lain. Peserta didik mempelajari bahwa keterampilan komunikasi yang baik dapat dikembangkan dengan belajar mendengarkan, memahami komunikasi non-verbal, mengelola emosi, dan bertanya secara efektif. Peserta didik juga bisa menggunakan keterampilan komunikasi mereka dalam berbagai situasi, baik dalam hubungan pribadi, profesional, maupun sosial.

  1. Time & Stress Management oleh Kak Ajeng

Ilmu mengenai manajemen waktu dan stes disampaikan oleh Kak Ajeng. Peserta didik belajar mengenai cara mengatur waktu yang efektif dan efisien, serta tentang berbagai hal terkait stres seperti penyebab, konsekuensi, dan penanganannya.

  1. Learning Agility & Motivation oleh Kak Miranti

IHRI juga membagikan pengetahuan seputar learning agility, yaitu tentang kemampuan mempelajari dan beradaptasi individu saat menghadapi tantangan dan perubahan di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity). Kak Miranti, pemateri pada sesi ini, menyebutkan memahami hal tersebut akan membantu peserta didik mengembangkan keterampilan menghadapi perubahan dengan cepat dan efektif.

  1. Problem Solving oleh Kak Eka

Melalui sesi ini, Kak Eka memaparkan materi tentang problem dan problem solving kepada para peserta didik. Tidak hanya itu, pada sesi ini Kak Eka juga memberikan panduan lengkap dan tepat terkait dengan langkah-langkah dalam mengimplementasikan problem solving

  1. Creative Thinking oleh Kak Fitri 

Kelas Inspirasi IHRI menghadirkan Kak Fitri yang berbagi ilmu tentang positive creative thinking, yaitu kemampuan berpikir positif dan kreatif dalam menghadapi tantangan. Beliau memberikan beberapa tips untuk mengembangkan positive creative thinking: selalu berpikir positif, out of the box, dan jangan takut untuk gagal. Beliau juga membagikan pola pikir serta metode untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, yakni growth mindset dan divergent thinking.

  1. Kecerdasan Emosi oleh Kak Anwar

Kak Anwar membantu peserta didik untuk mengenali diri sendiri dengan lebih baik lewat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats), sebuah metode untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh diri sendiri, sehingga nantinya peserta didik dapat menetapkan visi dan misi yang ingin mereka miliki dalam hidup serta mengembangkan strategi yang tepat untuk mencapai visi misi tersebut.

  1. Self-Empowerment oleh Kak Ruly 

Secara mendalam, Kak Ruly memaparkan pentingnya self-empowerment dalam meningkatkan kemampuan diri, serta pengambilan kendali atas kehidupan individu. Salah satu kunci utama untuk hal ini adalah memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri melalui analisis SWOT.

  1. Mempersiapkan Mentalitas Kerja oleh Kak Lysta

Kak Lysta mengajak peserta didik untuk menganalisa dan menuliskan tantangan terbesar yang sedang mereka hadapi dalam belajar atau bekerja pada sesi ini. Bersama Kak Lysta, peserta didik juga berdiskusi tentang ‘musuh’ dan ‘teman’ mereka dalam pembelajaran, serta apa yang ingin diubah dari diri masing-masing.

  1. Kesehatan Mental oleh Kak Eko (2 sesi)

Sesi kesehatan mental bersama Kak Eko dilakukan dalam dua sesi. Fokus dari sesi pertama adalah menjaga kesehatan mental, yang memaparkan bahwa kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Kesehatan mental yang baik dibutuhkan untuk menjaga kebugaran fisik dan mental, serta untuk meningkatkan kualitas hidup. Kak Eko juga memberikan pelatihan kepada peserta didik untuk mengembangkan keterampilan mereka untuk menjaga kesehatan mental, seperti manajemen stres atau resolusi konflik. Sesi kedua pada materi kesehatan mental ini berfokus pada kebiasaan kecil seseorang yang dapat mempengaruhi mentalitas dan perilaku. Menurut Kak Eko, aktivitas fisik seperti olahraga, baik untuk menjaga kestabilan pikiran, dan cara-cara kecil lain seperti melihat obyek atau mendengar sesuatu lalu melafalkannya dapat membantu seseorang meredam emosinya.

  1. Learning Motivation & Growth Mindset oleh Kak Ita 

Kelas Inspirasi IHRI juga menghadirkan Kak Ita untuk menyampaikan topik learning motivation and growth mindset. Melalui sesi ini peserta didik mempelajari bahwa motivasi belajar itu sangat penting untuk dapat mencapai aspirasi. Kak Ita juga menyampaikan bahwa motivasi bisa datang dari berbagai sumber, termasuk minat pribadi, tujuan yang ambisius, serta sensasi ketika mengatasi tantangan.

  1. Communication Skill oleh Kak Ita

Sesi ini menekankan pentingnya komunikasi yang efektif (teratur, terarah, dan tuntas) dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam kehidupan kerja, untuk menghindari kesalahpahaman. Kesadaran terhadap kualitas berkomunikasi itu sangatlah penting untuk dimiliki setiap orang, contoh komunikasi efektif adalah yang memiliki struktur pembuka, isi, dan penutup.

  1. Time & Stress Management oleh Kak Dion 

Bersama Kak Dion, peserta didik mempelajari manajemen waktu dan stres menggunakan metode The Eisenhower Matrix dan PIPE (Perencanaan, Istirahat, Prioritas dan Evaluasi). Selain mempelajari dua metode tersebut, di pertemuan ini para peserta didik juga diajak bermain yang membantu mereka belajar tentang pentingnya konsentrasi dan fokus. 

  1. Pengenalan Dunia Kerja, Rekrutmen, dan Interview oleh Kak Alex

Melalui Kelas Inspirasi yang diisi oleh Kak Alex, visi peserta didik akan dunia kerja dipertajam. Tidak hanya mendapatkan gambaran detil tentang dunia kerja, peserta didik juga menerima tips dari Kak Alex dalam mencari peluang kerja dan hal-hal minor yang mungkin akan membantu mereka mendapatkannya. Selain itu, Kak Alex juga membagikan kiat-kiat dalam membuat CV yang baik guna menambah kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

  1. Self-Empowerment oleh Kak Andi 

Bersama Kak Andi, peserta didik belajar untuk menerapkan self-empowerment dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya self-empowerment, Kak Andi juga mengajarkan peserta didik tentang teori Hierarki Kebutuhan Maslow, yang menggambarkan lima tingkat kebutuhan manusia, mulai dari kebutuhan fisiologis hingga kebutuhan aktualisasi diri.

  1. Wirausaha & Bagaimana Mendapatkan Investor oleh Kak Dillah

Pertemuan terakhir Kelas Inspirasi untuk semester ini diisi oleh Kak Dillah. Kak Dillah mendorong peserta didik untuk membuat proposal dari ide bisnis yang mereka punya, lalu mempresentasikannya di kelas. Beliau berbagi banyak ilmu serta tips mengenai presentasi dan pembuatan proposal agar suatu bisnis dapat meyakinkan seorang Investor. Sesi ini juga memberikan gambaran tentang konsep wirausaha, langkah-langkah dalam memulainya, serta faktor-faktor yang menjadi kunci keberhasilan.

  1. BPJS Kesehatan oleh Kak Vita & Kak Andriani

Lewat pertemuan dengan Kak Vita dan Kak Andriani, peserta didik dibimbing untuk mengetahui lebih dalam tentang BPJS, baik BPJS Kesehatan, PBI, maupun Ketenagakerjaan. Kak Vita dan Kak Andriani juga melakukan pembahasan mengenai ragam manfaat BPJS yang mungkin belum diketahui banyak orang, juga pengurusan dan tahapan-tahapan yang harus dilewati dalam menggunakannya.

Sepanjang semester ini, Kelas Inspirasi telah sukses memberikan wawasan baru terkait berbagai aspek kehidupan dan karir kepada para peserta didik. Setiap materi disampaikan dengan penuh dedikasi oleh para relawan tutor IHRI yang sangat interaktif dan berkompeten. Terima kasih kami ucapkan kepada para relawan tutor dan Inclusive Human Resource Indonesia (IHRI) yang telah memberikan kontribusi luar biasa pada Kelas Inspirasi semester ini.

Penulis:
Syihan Siregar
Zihni Siregar
Jennifer Jones

Comments are closed.