Program kakak asuh merupakan program yang diperuntukkan bagi adik-adik yang sedang belajar di YPAB maupun telah lulus Pendidikan Kesetaraan Paket C YPAB, 
yang tidak hanya berprestasi tetapi juga berkelakuan baik dan menginspirasi lingkungannya untuk melanjutkan pendidikannya. 

Tujuan program ini adalah memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk meraih mimpinya, tanpa terganggu oleh kebutuhan hidup dan rendahnya kualitas hidup dirinya, keluarganya maupun komunitas di sekelilingnya

Lebih dari 90% peserta didik YPAB putus sekolah karena masalah biaya. Rata-rata mereka mulai bekerja sebelum usia legal untuk bekerja, di kategori pekerjaan yang tidak membutuhkan keahlian tinggi, dengan kompensasi rendah dan memiliki jam kerja yang panjang, seperti asisten rumah tangga, penjaga anak, tenaga gudang, pramuniaga toko di pasar, dan sejenisnya. Cukup banyak pula peserta didik yang terlibat masalah-masalah sosial lain karena berada dalam lingkungan yang penuh dengan kebodohan, kemiskinan dan kekerasan.

Bagi peserta didik YPAB yang berada di jenjang pendidikan setara SMP dan SMA, sebenarnya mereka telah menikmati  pendidikan gratis dari YPAB. Semua biaya langsung pendidikan disubsidi penuh oleh YPAB. Namun, cukup banyak pengeluaran lain-lain yang ternyata masih memberatkan bagi mereka, seperti biaya transportasi, alat-alat tulis, kuota/pulsa (terutama di masa pandemi), dan bahkan biaya makan sehari-hari jika perlu (beberapa peserta didik mengalami kesulitan bahkan untuk dapat makan setiap harinya)

Kakak asuh dapat berpartisipasi dalam membantu dalam memberikan pendanaan pendidikan untuk mereka selama menempuh pendidikan di YPAB.  Kakak asuh dapat memberikan keleluasaan bagi mereka untuk mendapatkan keterampilan sesuai minat dan kebutuhannya. Selain itu, kakak asuh dapat membimbing, menjadi mentor, mendampingi dan memberi bantuan pendanaan lanjutan untuk adik asuh yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah.

 

Opsi-opsi Kakak Asuh

YPAB menyadari bahwa tiap kakak asuh memiliki keleluasaan dan preferensi tersendiri sehingga opsi-opsi berikut tersedia untuk Anda:

  • Anda dapat secara umum menjadi kakak asuh untuk satu atau beberapa adik YPAB, dengan perkiraan pengeluaran standar bagi mereka, yaitu dengan besaran antara Rp150.000-200.000 per bulan.
  • Anda dapat secara spesifik menjadi kakak asuh untuk satu atau beberapa adik YPAB. Secara reguler, Anda bisa mendapatkan laporan kemajuan, keberhasilan, dan kesulitan yang dihadapi. Komitmen yang Anda berikan dapat didiskusikan di awal, sesuai dengan profil adik YPAB yang akan dipilih.
  • Anda memiliki opsi untuk dapat berkomunikasi langsung dengan adik YPAB yang diasuhnya, atau tetap anonim.

 

Dengan program ini, YPAB ingin memberikan bekal sesungguhnya kepada warga YPAB sehingga siap bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang memerlukan keahlian dan keterampilan, di samping bekal karakter dan kognitif yang diajarakn di YPAB. Pekerjaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan status ekonomi mereka dan keluarga terdekatnya, menginspirasi lingkungan sekitarnya dengan budi luhur yang mereka tampilkan.

Jika Anda tertarik menjadi kakak asuh, silakan menghubungi theodora.sunarli@ypab.org.