Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan ke YPAB. Silakan mencermatinya sebelum menanyakan kepada kami.

UMUM

Tanya: Di mana lokasi YPAB, dan jam berapa beroperasi sebagai tempat belajar? 

Alamat: Jl. Tegal Rotan Raya No. 21A,  Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan.
Jadwal Belajar: Sabtu dan Minggu, 10.00-18.00 WIB.

Di masa pandemi, YPAB hanya menerima kunjungan dengan perjanjian.

Tanya: Apakah YPAB berafiliasi dengan agama, atau partai politik tertentu?

Jawab: Tidak.

“MARI BELAJAR”

Tanya: Bagaimana cara belajar di YPAB? Apa saja persyaratannya?

Jawab: Silakan akses laman Penerimaan Peserta Didik Baru

Tanya: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk belajar, dan mengikuti ujian kesetaraan di YPAB?

Jawab: YPAB tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun, termasuk untuk mendapatkan pelajaran, perbanyakan materi, penggunaan buku-buku perpustakaan, ekstrakurikuler, penggunaan fasilitas komputer, mengikuti ujian kesetaraan, dan mendapatkan ijazah. Semua akan disubsidi oleh YPAB. Meskipun demikian, Anda tetap perlu menyiapkan biaya transportasi jika diperlukan pembelajaran tatap muka, alat-alat tulis pribadi, termasuk biaya-biaya lain yang menjadi pilihan untuk memperlancar kegiatan belajar kamu sendiri.

Di masa pandemi, dibutuhkan ponsel pintar yang memadai untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh, dan kuota data. Jika kondisi keuangan Anda tidak memadai untuk itu, konsultasikan kepada YPAB untuk mendapatkan pinjaman ponsel dan subsidi kuota.

Tanya: Apa itu Pembelajaran Sinkron dan Asinkron? Apa bedanya?

Pembelajaran Sinkron adalah moda pembelajaran di mana peserta didik diharuskan mengikut pembelajaran di waktu yang disediakan, tatap muka ataupun secara daring. Moda ini sesuai untuk mereka yang membutuhkan bimbingan penuh dalam belajar.

Pembelajaran Asinkron adalah moda pembelajaran di mana peserta didik akan mengakses berbagai sumber belajar daring, baik modul elektronik, video pembelajaran, tugas-tugas dan ujian yang semua diakses secara daring. Pembelajaran dilakukan sesuai keleluasaan waktu yang dimiliki peserta didik. Moda ini sesuai bagi mereka yang tidak bisa menyisihkan waktu untuk pembelajaran di akhir pekan, karena bekerja penuh waktu.

Tanya: Berapa lama yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan Paket B atau Paket C di YPAB?

Jawab: Sesuai ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA) dapat dituntaskan secepatnya selama 3 tahun pembelajaran.

Tanya: Buku-buku apa saja yang dibutuhkan dan harus dibeli?

Jawab: Kami mengacu kepada Modul Pendidikan Kesetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul tersebut tersedia secara elektronis, dan bisa jadi  dicetak dan dipinjamkan tanpa biaya kepada peserta didik.

Tanya: Saya ingin belajar sendiri (homeschooling), dan hanya mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian kesetaraan di YPAB. Bisakah?

Jawab: Bisa. Tersedia opsi pembelajaran asinkron. Mohon diingat, opsi ini hanya sesuai bagi Anda yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi.

Tanya: Di masa pandemi seperti ini, saya tidak bisa mengikuti pembelajaran tatap muka di YPAB. Bisakah saya belajar online dan tetap bergabung di YPAB?

Jawab: Bisa. Opsi ini tersedia setelah terjadinya pandemi di Indonesia.

Tanya: Bisakah saya mendaftarkan orang lain untuk belajar di YPAB?

Jawab: Tidak. Calon peserta didik harus mengisi formulirnya sendiri. Jika ternyata didapati bahwa formulir tersebut diisikan, kami akan langsung menolak pendaftaran tersebut.

Tanya: Apakah YPAB akan memberlakukan pembelajaran tatap muka setelah pandemi berakhir?

Jawab: Jawaban atas pertanyaan ini sangat dinamis sesuai situasi dan kondisi. Di awal tahun ajaran 2022/2023, Pembelajaran Tatap Muka diberlakukan. Silakan membaca laman yang telah disediakan dan dilakukan pengkinian di situs YPAB.

Tanya: Saya tidak berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah; saya bersedia membayar untuk mengikuti pendidikan di YPAB. Bisakah saya bergabung?

Jawab: Karena keterbatasan kapasitas, YPAB saat ini hanya memfokuskan untuk melayani mereka yang tidak memiliki pilihan untuk bersekolah karena ketiadaan biaya. Alasan-alasan lain yang menyebabkan seseorang sulit diterima di satuan pendidikan lain, silakan mendaftar, namun akan dipertimbangkan pada saat penerimaan peserta didik.

Tanya: Apakah semua pendaftar pasti diterima di YPAB?

Jawab: Tidak. Akan ada proses seleksi melalui wawancara yang harus dilakukan oleh Ketua PKBM. Jika diterima, maka pendaftar akan dapat bergabung di waktu yang ditentukan oleh penanggung jawab rumah belajar, atau dimasukkan ke daftar tunggu jika kapasitas tidak memungkinkan.

Tanya: Saya hanya bisa hadir di hari-hari tertentu saja, karena pekerjaan saya tidak memperkenankan saya hadir di seluruh waktu belajar. Bisakah saya tetap bergabung ke YPAB?

Jawab: Untuk pembelajaran sinkron, YPAB hanya menerima orang-orang yang memiliki komitmen waktu sesuai dengan waktu belajar yang kami publikasikan. Jika Anda tidak dapat berkomitmen waktu belajar, disarankan mengikuti pembelajaran asinkron.

Tanya: Kapankah waktu pendaftaran jika ingin menjadi peserta didik di YPAB?

Jawab: Meskipun kami menerima pendaftaran sepanjang tahun, namun bisa jadi Anda akan kesulitan untuk menerima pelajaran di tengah tahun ajaran, dan bisa jadi Anda tidak diakui oleh sistem penerimaan yang diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Silakan hubungi admin untuk berkonsultasi.

Tanya: Saya putus sekolah di kelas akhir, sehingga materi yang akan diujikan kurang lebih sudah saya kuasai. Bisakah saya hanya mengikuti ujian saja melalui YPAB?

Jawab: Tidak. Saat ini kami hanya melayani peserta didik yang benar-benar belajar di YPAB. YPAB diharuskan untuk menyerahkan nilai perkembangan peserta didik ke Dinas Dikbud, sehingga semua peserta didik yang bergabung akan diperlakukan seperti masuk sejak awal. YPAB juga menginginkan adanya pembinaan karakter, dan bukan hanya mengajarkan aspek kecerdasan akademis, sehingga diperlukan waktu untuk benar-benar mengikuti kegiatan belajar di Rumah Belajar YPAB.

Tanya: Apakah di YPAB, peserta didik akan mendapatkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)?

Jawab: Ya.

Tanya: Apakah di YPAB tersedia pembelajaran secara elektronik (e-learning)?

Jawab: Ya. Setelah bergabung, peserta didik akan diberikan username dan password ke YPAB Online, sebuah platform pembelajaran elektronik yang memudahkan peserta didik untuk memantau kemajuan mereka dalam belajar secara mandiri, serta mengunduh materi-materi atau tugas yang diberikan di kelas.

Tanya: Apakah lulusan Paket B (setara SMP) dimungkinkan untuk melanjutkan kembali ke sekolah formal?

Jawab: Ya.

Tanya: Saya mengikuti pembelajaran selama setahun di PKBM Pemimpin Anak Bangsa (YPAB). Apakah saya bisa meneruskannya di sekolah formal?

Jawab: Tidak. Sistem penilaian dan rapor PKBM tidak memungkinkan untuk diteruskan ke sekolah formal, sehingga kami sarankan untuk dituntaskan terlebih dahulu sebelum meneruskan ke sekolah formal di jenjang selanjutnya.

Tanya: Apakah semua topik dalam tiap mata pelajaran akan diajarkan di YPAB seperti halnya sekolah formal?

Jawab: Salah satu aspek yang penting dalam pendidikan nonformal adalah kemandirian dalam belajar. Meskipun waktu tatap muka akan selalu diadakan, namun tiap peserta didik diharuskan untuk mempelajari sendiri apa yang tidak diulas secara detail di kelas. Peserta didik dapat melihat materi yang harus dikuasai secara online, dan dapat menanyakan berbagai hal yang perlu diperjelas kepada tutor.

Tanya: Apakah ada ekstrakurikuler di YPAB? Apa saja? Apakah ada biaya yang dikenakan?

Jawab: Ekstrakurikuler akan diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik di sana. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk ekstrakurikuler.

Tanya: Apakah akan ada ujian nasional?

Jawab: Pemerintah tidak lagi memberlakukan ujian nasional. Ujian akhir yang wajib diikuti sebagai prasyarat kelulusan adalah Ujian Pendidikan Kesetaraan. Selain itu, terdapat Asesmen Nasional yang akan diikuti oleh peserta didik di level tertentu.

Tanya: Apa yang harus saya persiapkan untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan? Berapa yang harus saya bayar nantinya?

Jawab: Persyaratan administratif seperti ijazah tingkat sebelumnya yang telah dilegalisir, Kartu Keluarga, dan pas foto. Tidak ada yang harus dibayarkan untuk mengikuti ujian melalui YPAB. Tidak ada yang harus dibayarkan untuk menebus ijazahnya. Semua bebas biaya.

Tanya: Apakah di YPAB benar-benar ada kegiatan belajar mengajar?

Jawab: Meskipun pertanyaan ini terlihat sangat aneh, namun kami selalu mendapatkan pertanyaan ini. Ya, peserta didik YPAB akan benar-benar belajar secara serius di YPAB, dan bukan hanya dituntut sekedar belajar dan mendapatkan ijazah. Tingkat kehadiran tutor dimonitor selalu agar tidak terdapat sesi kosong saat peserta didik datang. Alasan umum “guru tidak hadir karena honor belum turun” diharapkan tidak akan menjadi faktor karena para pengajar YPAB adalah relawan tidak berbayar yang telah diseleksi dedikasinya.

Tanya: Apakah kurikulum yang diberlakukan YPAB sama dengan PKBM lain?

Jawab: Struktur kurikulum telah ditentukan oleh pemerintah melalui peraturan perundangan. Mulai tahun ajaran 2022/2023, YPAB mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.  YPAB menyediakan kelas-kelas pengembangan wawasan, inspirasi dan pembinaan karakter, kelas komunikasi, kelas informatika, dan kewirausahaan. Di YPAB, kami membiasakan peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat dan bukan sekedar pengejar ijazah; dan kami ingin menghasilkan lulusan yang berkarakter dan kelak pantas menjadi pemimpin bangsa yang berintegritas.

Tanya: Saya tidak memiliki latar belakang pendidikan yang baik. Di sekolah saya sebelumnya, kualitas kegiatan belajar mengajar cukup rendah. Apa itu menjadi kendala bagi saya untuk bergabung dan bertahan di YPAB?

Jawab: Tidak. Cukup banyak peserta didik YPAB yang tidak menguasai pengetahuan yang seharusnya dipelajari di jenjang sebelumnya, atau sudah lupa karena putus sekolah bertahun-tahun yang lalu. Di beberapa mata pelajaran, YPAB dapat menyelenggarakan matrikulasi untuk mempersiapkan peserta didik masuk ke sesi sesungguhnya. Untuk pelajaran Bahasa Inggris, terdapat tes penempatan sehingga peserta didik akan mendapatkan materi sesuai kemampuannya.

Tanya: Apa peserta didik YPAB hanya berdasarkan agama tertentu? Apakah pada saat pengajaran mata pelajaran Agama, semua agama dilayani?

Jawab: Tidak; justru salah satu prinsip dasar YPAB adalah menghargai keberagaman. YPAB berkomitmen agar semua agama yang diakui pemerintah dilayani dalam kegiatan belajar mengajar, terutama Pendidikan Agama. Jika peserta didik memiliki keyakinan di luar agama yang diakui pemerintah, kami persilakan untuk memilih salah satu untuk dipelajari, dan akan diikusertakan ke dalam ujian agama tersebut saat ujian.

Tanya: Anak/keponakan saya putus sekolah karena dia selalu membolos, dan tidak memiliki motivasi untuk sekolah di pendidikan formal. Apa bisa disekolahkan di YPAB yang hanya Sabtu/Minggu?

Jawab: YPAB tidak memfokuskan diri pada peserta didik yang belum memiliki motivasi yang cukup untuk belajar, dan hanya diperuntukkan bagi mereka yang bersemangat untuk maju namun membutuhkan kesempatan yang tidak dapat diperoleh di tempat lain. Jika melalui wawancara terlihat bahwa calon peserta didik tidak memiliki motivasi yang cukup tinggi, kami akan menolaknya.

Tanya: Saya tidak ingin anak saya sekolah terlalu lama. Bisakah anak saya disekolahkan di YPAB supaya dapat lulus lebih cepat dari seharusnya?

Jawab: Tidak. Kasus itu bukan menjadi bagian dari misi YPAB.

Tanya: Anak saya tidak naik kelas, dan ingin mengejar supaya lulus bersamaan dengan sebayanya. Bisakah YPAB menerimanya?

Jawab: Tidak. Kasus itu bukan menjadi bagian dari misi YPAB.

Tanya: Di PKBM sebelumnya, saya sama sekali tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar. Jarang ada guru. Saya hanya diminta untuk membayar dan mengikuti ujian nasional. Akibatnya, saya sama sekali tidak mengerti apapun di tingkat itu. Bisakah saya mengulang ujian nasional di YPAB?

Jawab: Tidak. Saat ini YPAB tidak melayani ujian nasional ulangan. Jika Anda berasal dari PKBM lain Paket B dan tidak merasa memiliki kompetensi yang cukup, namun hendak melanjutkan Paket C di YPAB, Anda dapat mengikuti matrikulasi di beberapa mata pelajaran, dan meminta izin untuk mengikuti pelajaran Paket B di YPAB. Kasus seperti ini tetap tidak akan dikenai biaya apapun.

Tanya: Apakah YPAB menerima pendaftaran dari anak-anak yang berkebutuhan khusus?

Jawab: YPAB menerima peserta didik tuna grahita, selama tetap mendapatkan dukungan dari orang tuanya. Sebagai kumpulan relawan, kami tidak memiliki kompetensi untuk melakukan pengajaran dengan perhatian penuh bagi peserta didik yang dengan kebutuhan khusus. Silakan konsultasikan jika membutuhkan informasi lebih lanjut.

Tanya: Anak saya belum memiliki motivasi sendiri untuk belajar. Saya ingin dia belajar di YPAB, sehingga dia memiliki perhatian lebih baik dari tutor. Bisakah?

Jawab: YPAB hanya menerima peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Tanya: Saya ingin belajar di YPAB, tetapi ijazah saya masih ditahan karena tunggakan, belum dapat ditebus di sekolah sebelumnya. Apakah saya tetap bisa mendaftar?

Jawab: Ya. Selama dapat menunjukkan bukti bahwa Anda telah lulus di sekolah sebelumnya, Anda tetap dapat mendaftar. Konsultasikan kasus ini pada saat mendaftar.

Tanya: Ijazah saya hilang/terbakar. Apakah saya tetap bisa mendaftar ke YPAB?

Jawab: Ya. Anda dapat mengurus ke sekolah Anda sebelumnya untuk mendapatkan salinan ijazah, keterangan kelulusan, atau dapat menghubungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kota/kabupaten sekolah Anda sebelumnya.

Tanya: YPAB menjunjung tinggi integritas. Apa maksudnya?

Jawab: Kami sangat menghargai kejujuran dalam pendidikan. Peserta didik yang ketahuan menyontek di YPAB akan dikeluarkan dan tidak akan diterima kembali di YPAB hingga kapanpun.

“MARI MENGAJAR”

Tanya: Bagaimana saya bisa menjadi tutor YPAB?

Jawab: Silakan isi form pendaftaran tutor yang tersedia di laman Mari Mengajar. Volunteer managers kami secara berkala akan menghubungi Anda dan mengundang mereka yang terseleksi untuk mengikuti kelas induksi kami.

Tanya: Apakah semua calon relawan tutor akan diterima setelah melakukan pendaftaran?

Jawab: Tidak. Tutor akan diterima sesuai dengan kualifikasi, minat mengajar yang dibutuhkan masing-masing rumah belajar. Jika diterima, kami akan menghubungi Anda dalam batch rekrutmen tertentu untuk dilakukan induksi.

Tanya: Saya belum lulus S1. Apakah diperbolehkan untuk melamar menjadi tutor di YPAB?

Jawab: Pada dasarnya, kami mengutamakan mereka yang telah lulus S1 untuk menjadi tutor pengampu mata pelajaran di YPAB. Namun demikian ada banyak kesempatan untuk menjadi relawan dan ikut berbagi. Untuk mengajar, misalnya, ada kelas-kelas keterampilan dan ekstrakurikuler; Anda dapat pula berkontribusi untuk menjadi relawan administrasi, komunikasi, media sosial, teknologi, dsb.

“MARI BERBAGI”

Tanya: Institusi/organisasi saya akan melakukan bakti sosial/kegiatan CSR di YPAB. Apakah kami langsung datang saja ke YPAB?

Jawab: Silakan mengelaborasi ide kegiatan ini melalui email ke info@ypab.org, dan membuat perjanjian untuk berkunjung. Di jam-jam belajar, seringkali kami tidak dapat melayani pengunjung dengan baik tanpa adanya pengaturan waktu yang baik.

Tanya: Berapa persen dari dana yang disumbangkan akan disalurkan ke program-program YPAB?

Jawab: Hampir seutuhnya. Sebagai organisasi berbasis relawan, sepanjang ini YPAB tidak mengutip sebagian dana donasi untuk manajemen. Semua pengeluaran dipertimbangkan untuk benar-benar tersalurkan untuk pencapaian misi dan visi YPAB.

Tanya: Jika perusahaan saya memberikan donasi dan ada sebuah nota kesepahaman atas penggunaan dana donasi tersebut, apakah saya akan mendapatkan laporan pertanggungjawaban?

Jawab: Ya. Bahkan, saat disepakati bahwa dana hanya dapat dialokasikan untuk program tertentu, maka dana tersebut akan dianggap sebagai dana terikat – dan direfleksikan dalam laporan keuangan YPAB sesuai dengan aturan akuntansi PSAK no 45 untuk Organisasi Nirlaba.

Tanya: Perusahaan saya mengharuskan adanya ketentuan bahwa penerima donasi bersifat non-profit, tidak terafiliasi dengan agama apapun, dan tidak terkait dengan kegiatan politik. Apakah YPAB memenuhi ketentuan tersebut?

Jawab: Ya.