Panduan Membuat Konten Pembelajaran

Mulai tahun ajaran 2021/2022, PKBM Pemimpin Anak Bangsa menginisiasi pembuatan konten pembelajaran asinkron. Laman ini berisikan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dan diharapkan dapat membantu relawan tutor dalam menjalankan tugasnya. Materi ini akan dapat diakses oleh semua peserta didik.

  1. Pelajari silabus dan modul yang harus disampaikan, termasuk kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensinya. Silabus dan modul K13 tersedia di Portal K13 YPAB. Pastikan modul pembelajaran sudah termuat di Google Classroom.
  2. Lakukan pengamatan, apakah video penjelasan yang dibutuhkan sudah tersedia dengan mudah. Berikut adalah laman-laman yang perlu dicek.
  3. Jika ditemukan, copy tautannya di Google Classroom. Pastikan mana yang wajib dilihat oleh peserta didik, mana yang tidak. Durasi video wajib berkisar 30-90 menit.
  4. Jika tidak ditemukan video yang memadai, kita harus membuatnya sendiri. Rencanakan materi dengan durasi 30-90 menit. Jangan lupa untuk menghargai hak cipta pihak lain. Jika dibutuhkan untuk membuat PPT, silakan gunakan template YPAB sebagai berikut.
    • Template PPT
  5. Rekam presentasi Anda menjadi video. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Zoom. Hubungi admin untuk menggunakan akun Zoom yang dimiliki YPAB, atau gunakan akun Zoom Anda sendiri. Rekam lalu unduh atau tempatkan di Cloud Drive (bisa gunakan Google Drive milik Anda sendiri). Berikan tautannya kepada admin. Admin akan mengunggah video Anda ke Youtube Channel YPAB.
  6. Buat tugas mandiri yang tidak memberatkan, tetapi dapat mengecek pemahaman peserta didik. Ingat, Anda harus memeriksanya nanti. Nilai tugas mandiri akan masuk ke dalam nilai Keterampilan di dalam rapor.
  7. Buat ujian modul dengan dengan Google Forms. Nilai ujian modul ini akan masuk ke dalam nilai Pengetahuan di dalam rapor. Tips untuk membuat ujian modul:
    • Ujian modul harus didasarkan pada apa yang disampaikan di video pembelajaran. Bisa tingkat pengetahuan (C2), pemahaman (C3), aplikasi (C4), ataupun analisis (C4). Tinjau kembali silabus modul tersebut.
    • Hindari membuat soal yang mayoritas mengharuskan peserta didik banyak menghafal, tanpa mengerti esensi modul tersebut.
    • Sebisa mungkin, soal yang dibuat juga berkenaan dengan tugas mandiri yang telah dibuat.
    • Secara berkala, ujian standar kelulusan modul ini akan diganti. Buatlah bank soal untuk tiap-tiap topik.
    • Peserta didik dinyatakan lulus jika telah memiliki nilai ujian modul > 60.
  8. Masukkan nilai ke dalam Form Rapor YPAB. Setelah itu, masukkan nilai tersebut ke Google Classroom agar terbaca oleh peserta didik. Anda dapat meminta tolong admin untuk melakukannya.

Comments are closed.