Ujian Akhir Pendidikan Kesetaraan 2020

Ujian Nasional 2020 sudah dekat. Ini adalah terakhir kalinya Ujian Nasional diadakan. Di tahun yang akan datang, ujian ini akan digantikan dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Tapi sebetulnya bukan hanya Ujian Nasional yang perlu dipersiapkan.

Bagi peserta didik Paket B dan Paket C yang berada di jenjang Terampil 2 dan Mahir 2, berikut adalah beberapa ujian yang akan diikuti.

1. Ujian Satuan Pendidikan/Ujian Sekolah

Setelah Ujian Sekolah Berstandar Nasional ditiadakan, ujian akhir peserta didik dikembalikan ke satuan pendidikan, dalam hal ini ujian satuan pendidikan/ujian sekolah.

Ujian ini akan diadakan di Rumah Belajar Bintaro baru, Jl. Tegal Rotan Raya 21A, dan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut:

  • Paket C

7 Maret: Bahasa Indonesia, PPKN
8 Maret: Sosiologi/Fisika
14 Maret: Geografi/Biologi, Bahasa Inggris
15 Maret: Ekonomi/Kimia, Agama
5 April: Matematika, Sejarah (daring)
12 April: Seni Budaya, Penjas (daring)

  • Paket B

14 Maret: Bahasa Indonesia, PPKN
15 Maret: IPS, Agama
5 April: IPA, Bahasa Inggris (daring)
11 April: Matematika (daring)
12 April: Seni Budaya, Penjas (daring)

  • Paket A: 13-20 April 2020

2. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) – DIBATALKAN.

Ujian ini sedianya wajib diikuti oleh peserta didik sebagai prasyarat kelulusan, dan sekaligus membuat penyetaraan antara lulusan PKBM dengan lulusan sekolah formal. UN Paket C akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 April 2020, sedangkan UN Paket B akan dilaksanakan pada tanggal 20-23 April 2020.

Untuk Paket C, ada 4 mata pelajaran yang akan diujikan. Untuk peminatan IPA: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan salah satu mata pelajaran pilihan Fisika, Kimia atau Biologi. Untuk peminatan IPS: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan salah satu mata pelajaran pilihan Sosiologi, Ekonomi, Geografi. Untuk Paket B, ada 4 mata pelajaran yang akan diujikan: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Para peserta didik sendiri telah didaftarkan secara resmi ke Dinas Pendidikan Kebudayaan untuk mengikuti Ujian Akhir. Ada 11 peserta didik Paket B, 8 Paket C IPA, dan 19 Paket C IPS yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir tahun ini.

Ujian sekolah Paket A akan diselenggarakan di PKBM Kak Seto. Hanya ada 1 peserta didik dari YPAB yang akan mengikuti Ujian Nasional kali ini.

Kisi-kisi Ujian Nasional untuk Paket B dan Paket C telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, dan dapat diakses di tautan ini: Kisi-kisi UN 2020. Ujian Sekolah di YPAB mengikuti kisi-kisi yang sama.

Comments are closed.